Selasa, 21 Februari 2017

Apa Itu Film Noir?


Film Noir? Apa Itu?



Sepekan yg lalu, saya tidak sengaja menonton film berjudul Watchmen di tv lokal. Film ini sangat lama untuk ukuran durasi pada umumnya. Hampir 3 jam lamanya film ini diputar dan estimasi waktu tersebut belum termasuk iklannya. Hehee. Baru sadar kalau yang membintangi film ini adalah Billy Crudup, aktor favorit saya. Padahal waktu itu saya sedang tidak ingin menonton film, namun saya perlu banyak berterima kasih kepada tv lokal yang telah menayangkan film ini. Watchmen yang saya lihat versi tayangan tv ini cukup menghibur saya sekaligus menarik minat saya untuk mengulas genre yang berbeda dari DC Comic ini. Saya teringat dengan sebuah film yang pernah saya lihat di salah satu stasiun tv interlokal (tv kabel). Judulnya adalah Sin City. Film ini diperankan oleh aktor dan aktris besar seperti Clive Owenn, Jessica Alba, Bruce Willis. Film ini berlatar hitam putih, hampir seluruhnya hitam putih. Unsur gelap dan aura jahat sangat kental di dalam film ini. Selain itu, dari segi penceritaan pun Sin City mengambil sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan film. Apa yang berbeda? 

Biasanya di film Hollywood ataupun film Indonesia, tokoh utama menjadi tokoh yang paling heroik, paling baik, paling cerdas, dan paling-paling lainnya. Namun, film bergenre Noir ini tidak. Justru tokoh yang diangkat oleh film ini merupakan sisi jahat dari tokohnya. Mungkin ini yang disebut dengan film Noir. Dan menurut saya dapat menjadi kategori film yang disebut film Noir. 
Saya akan memperjelas lagi definisi film Noir. Film noir merupakan genre film yang mengutamakan karakter dari sisi gelapnya, bersetting hitam putih, serta mengusung cerita yang berbau sensual. Dan ciri-ciri yang paling sering ditemui dalam film Noir adalah narasi si narator sangat datar dan panjang. Begitulah yang muncul di film Watchmen dan Sin City. Dimana Watchmen ini adalah penjahat yang menghancurkan dunia akibat rasa dendamnya. Dan Sin City menggambar setiap tokoh di scene pendeknya sebagai penjahat.



Namun, Watchmen tidak dianggap sebagai film Noir oleh IMDB karena jika dilihat dari rumah produksi, Watchmen ini masih tergolong kategori film DC Comic meski tidak bisa ditayangkan kepada anak-anak di bawah usia 17 tahun ke bawah.
Tapi, menurut saya, film Watchmen layak untuk dikatakan sebagai film bergenre Noir.


Film noir sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak dilirik oleh sineas dunia karena menurut catatan IMDB, film bergenre ini hanya terkenal di tahun 1950-1970 an saja.
Jadi, sudah jelas bukan film noir itu seperti apa? Saya mulai tertarik dengan film jenis ini. Mungkin jika ada yang lebih tahu judul film genre noir bisa share di komentar ini.